Tour de Singkarak 2013


Pembalap Australia, Jacob Kauffmann, mengkukuhkan dirinya sebagai yang tercepat pada etape dua Tour de Singkarak 2013. Kaufmann mencatatkan waktu tercepat pada balapan yang mengambil rute sejauh 124,5 km, dari Payakumbuh-Danau Singkarak, Senin (3/6/2013).

Kauffmann yang tampil dengan bendera Budget Forklifs ini finish di urutan terdepan setelah mencatatkan waktu tiga jam satu menit 0,5 detik. Kauffmann disusul rekan setimnya, Karl Evans, yang juga membukukan catatan waktu yang sama.

Sementara untuk posisi tiga, pembalap Trengganu Cycling Team Malaysia, Nur Amirul Fakhruddin Marzuki, dengan catatan waktu 3 jam 1menit 52 detik. Sementara itu nasib kurang beruntung dialami para pembalap Timnas Indonesia. Tim pembalap Merah-Putih hanya menempatkan satu wakilnya finish di posisi 10 besar, yakni Fatahillah Abdullah yang menempati urutan ketujuh, dengan catatan waktu 3 jam 1 menit 53 detik.


Jalannya Balapan :
Sejak dilepas di depan Kantor BNI Payakumbuh semua pembalap langsung bergerak cepat dalam mengayuh sepedanya. Lintasan datar membuat kecepatan pembalap langsung tinggi. Terbukti sejak real start salah satu pembalap asal tim 7 Eleven terjatuh.

Beberapa kilometer setelah real start tiga pembalap yang salah satunya Sea Keong Loh dari OCBC Singapura langsung meninggalkan rombongan besar. Kondisi ini terjadi hingga km 10,5 sebelum naik ke Kelok Sembilan.

Di tanjakan yang relatif cukup tinggi ini persaingan mulai ketat. Pembalap yang mempunyai spesialisasi tanjakan langsung merangsek ke posisi depan. Sesuai dengan prediksi awal pembalap Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) Iran mendominasi tanjakan ini.

Pada titik KOM di KM 15,5 pembalap TPT Amir Kolahdozhagh menjadi yang tercepat disusul rekan satu timnya Ghader Mizbani dan Hossein Askari. Setelah itu, disusul Oscar Pujol Munoz dari Polygon Sweet Nice dan Cal Britten dari OCBC Singapura.

Setelah berputar arah, semua pembalap menurun jembatan baru Kelok Sembilan dengan cepat. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat di titik sprint di KM 39. Di sini Mohd Zamri Saleh dari Trengganu Cycling menjadi yang tercepat disusul Hossein Nateghi dari Tabriz dan Arin Iswana dari Putra Perjuangan.

Usai beradu cepat semua pembalap menurunkan temponya. Mereka kembali berkumpul dalam rombongan besar. Rombongan mulai pecah setelah menghadapi KOM kedua di KM 65,5 tepatnya di Koto Gadang.
Di titik ini Amir Kolahdozhagh dari Tabriz kembali menjadi yang tercepat disusul rekan satu timnya Hossein Askari, Karl Evan dari Budget Forklifs, Ghader Mizbani dari Tabriz dan posisi lima Oscar Pujol Munoz dari Polygon.

Setelah menyelesaikan KOM kedua, persaingan mulai bertambah ketat. Melalui turunan panjang yang di kanan-kirinya sawah mereka terlihat cukup tenang dalam mengayuh sepedanya. Mereka kembali beradu sprint di KM 91.

Di titik sprint ini Alex Wohler dari Budget Forklift menjadi yang tercepat disusul Hossein Nateghi dari Tabriz, Mohd Zamri Saleh dari Trengganu Cycling, dan Minh Thuy Bui dari Vietnam National Team.
Pada KM 91, tepatnya di Batu Sangkar. Setelah itu, pembalap langsung menyusuri Danau Singkarak.
Di tepian danau yang menjadi ikon tur ini semua pembalap dihadapkan dengan lintasan datar. Mereka menyisir pinggiran danau hingga finis ditepian Danau Singkarak.

Semua pembalap yang finis pada etape dua ini selanjutnya akan menghadapi etape ketiga dari Padang Panjang menuju Istano Baso Pagaruyung dengan jarak tempuh 208 km.

Categories:

Leave a Reply