Tour de Singkarak 2013



Dalam ajang balap sepeda yang digabungkan dengan pariwisata, Tour de Singkarak (TdS) 2013, Kabupaten Dharmasraya untuk pertama kalinya dijadikan lokasi finish, yaitu pada etape empat yang dimulai dari Kabupaten Sijunjung.

Bupati Dharmasraya, Adi Gunawan mengungkapkan, begitu Kabupaten Dharmasraya terpilih menjadi salah satu lokasi finish dalam etape TdS 2013, dia bersama jajarannya langsung berbagi tugas dengan para muspida untuk menyambut acara ini.
"Kita langsung menyiapkan jalanan, kultur dan ikon budaya masyarakat," ujar Adi saat ditemui saat sebelum para pembalap TdS etape empat Sijunjung-Dharmasraya menyentuh garis finish di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pulau Punjung.

Menurut Adi, kebudayaan masyarakat Dharmasraya cukup unik dengan penduduk yang multikultural. "Budaya kita ini unik, Jawa, Minang Sunda, Batak ada di sini. Tapi Alhamdulillah di sini semua hidup rukun, kompak," katanya.

Dengan dijadikan sebagai titik finish etape keempat TdS, lanjut Adi, menjadi momen untuk mengekspos Dharmasraya di mata internasional guna menjaring turis untuk datang, baik domestik maupun internasional. "Karena daerah kita terpencil dan terisolir untuk diekspos ke luar negeri, belum. Nah inilah momennya," kata Adi.

Melalui ajang TdS ini bisa menggairahkan masyarakat sekitar untuk lebih tanggap kepada dunia internasional. "Harapannya dengan event ini dapat berdampak pada masyarakat kita jadi respon sama dunia internasional. Wisatawan juga menjadi lebih mengerti ke Dharmasraya itu gimana. Ada komunikasi lebih efektif," paparnya.

"Hal ini juga salah satu upaya kita menyinkronkan potensi yang kita miliki dengan dunia internasonal," sambung Adi.

Kabupaten Dharmasraya dengan kontur pegunungan dilewati Sungai Batanghari yang merupakan sungai tertua dan terpanjang di Sumatera.

Adi mengatakan Pulau Punjung sebagai ibu kota Kabupaten Dharmasraya ingin menjadi titik start dalam ajang TdS di tahun mendatang. "Untuk tahun besok Kita siap menjadi tuan rumah start dan finish," katanya.

Untuk itu, Pemkab Dharmasraya telah mempersiapkan akomodasi agar bisa menjadi tuan rumah titik start TdS seperti penyediaan penginapan. "Kita sudah ada sekitar 200 kamar hotel. Sisanya sedang dibangun," kata Adi.

Sumber : kompas.co.id

Categories:

Leave a Reply