Tour de Singkarak 2013



Pembalap Filipina, Ronnel Hualda, tampil sebagai jawara pada Tour de Singkarak [TdS] 2013 etape enam, yang diwarnai crash atau tabrakan di antara para pembalap menjelang garis finish, Sabtu (8/6/2013). Hualda memenangi balapan sejauh 144,5 km, dari Padang Pariaman- Painan, dengan catatan waktu 3 jam 30 menit 07 detik.

Sementara itu, posisi kedua diraih pembalap asal Trengganu Cycling Team, Mohd Zamri Saleh, yang ditempel Hossein Nateghi dari Trabriz Petrochemical Team, di urutan ketiga.


Pada etape enam ini, pembalap Indonesia yang mampu masuk 10 besar adalah Rastra Patria Dinawan dari Timnas Indonesia. Mantan pembalap Polygon Sweet Nice ini membukukan catatan waktu yang sama dengan pencapaian Hualda.

Meski mampu finis diurutan empat, Rastra Patria Dinawan belum mampu menggeser posisi teman satu timnya yaitu Aiman Cahyadi, yang saat ini mengenakan jersey Merah-Putih atau tanda bagi pemuncak klasemen pembalap Tanah Air.

Jalannya Balapan :

Langkah semua pembalap untuk mencapai finis bukanlah mudah. Sejak start di Padang Panjang semua pembalap terus berada dalam rombongan besar. Lintasan datar membuat persaingan jauh lebih ketat dibandingkan etape-etape sebelumnya.

Pada titik sprint pertama di km 31,5 pembalap LBC Filipina, Rustom Lim mampu menjadi yang tercepat disusul Mohd Zamri Saleh dari Trenggani Cycling Team, Hossein Nateghi dari Tabriz Patrochemical Cycling Team dan Endra Wijaya dari Customs Cycling Club.

Turunkan tempo Setelah titik sprint pertama semua pembalap menurunkan tempo dalam mengayuh sepeda. Setelah itu pada km 62 kembali beradu cepat. Dititik ini kembali Rustom Lim dari LBC kembali menjadi yang tercepat disusul Eko Bayu Nurhidayat dari Tuah Sakato, Mohd Zamri Saleh dari Trengganu dan Hossein Nateghi dari Tabriz.

Keperkasaan pembalap asal Filipina itu terus terjaga hingga semua pembalap memasuki titik KOM di km 77 km. Rustom Lim kembali tercepat disusul El Joshua Carino dari LBC, Hasan Basaharil dari Putra Perjuangan dan Oscar Pujol Munoz dari Polygon Sweet Nice.

Di KOM km 91,5 lagi-lagi Rustom Lim kembali menjadi yang tercepat disusul Dadi Suryadi dari Putra Perjuangan, Abdul Gani dari Binong Baru Pessel dan El Joshua Carino dari LBC Filipina.

Setelah menyelesaikan KOM semua pembalap terus masuk dalam rombongan besar hingga memasuki Kota Painan.

Menjelang finis semua pembalap langsung beradu sprint dan terjadikan sebuah kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalap termasuk juara bertahan TdS Oscar Pujol Munoz.

Meski demikian, pembalap yang terdepan sukses dengan mulus masuk finis di Kota Painan. Setelah itu semua pembalap dibawa ke Pantai Carocok untuk menerima medali bagi pemenang.

Dengan tuntasnya etape enam, semua pembalap yang finis tinggal menyisakan satu etape yaitu etape tujuh dari Padang Panjang menuju Circuit Race di Kota Padang, Minggu (9/6) dengan jarak tempuh 143,5 km.

Hasil Lengkap Etape Enam TdS 2013, Sabtu (8/6/2013) :

No Pembalap Tim Catatan waktu
1. Ronnel Hualda (7 Eleven) 03.30.07
2. Mohd Zamri Saleh (Trengganu Cycling Team) 03.30.07
3. Hossein Nateghi (Tabriz Petrochemical Team) 03.30.07
4. Rastra Patria Dinawan (Timnas Indonesia) 03.30.07
5. Thanh Tam Nguyen (Vietnam National Team) 03.30.07
6. Van Duan Le (Vietnam National Team) 03.30.07
7. Wataru Mutsumine (Japan National Team) 03.30.07
8. Gediminas Kaupas (Team Differdange-Losch) 03.30.07
9. Sergey Kuzmin (Polygon Sweet Nice) 03.30.07
10. Jemico Brioso (LBC Filipina) 03.30.07

Hasil Pembalap Indonesia :

No Pembalap Tim Catatan waktu
1. Rastra Patria Dinawan (Timnas Indonesia) 03.30.07
2. Fatahillah Abdullah (Timnas Indonesia) 03.30.07
3. Aldi Afriani (Customs Cycling Club) 03.30.07

Sumber : Solopos.com

Categories:

One Response so far.

  1. M. Adli says:

    izin share min

Leave a Reply