Tour de Singkarak 2013


Setelah istirahat sehari, para pembalap melanjutkan etape keenam Tour de Singkarak,Sabtu, 8 Juni 2013. Mereka akan berpacu menempuh rute Kota Pariaman menuju Painan. Sebanyak 97 pembalap dari 21 tim akan start dari Pantai Gondoria, Pariaman, pukul 10.00 WIB. Salah satu pantai terkenal di kota dengan luas 73,36 kilometer persegi.

Kota ini juga dikenal dengan festival budaya tabuik, yang diselenggarakan setiap 10 Muharam kalender Islam. Selain itu, Pulau Angso Dua bisa menjadi alternatif kunjungan wisatawan. Pulau ini dikenal dengan pasir putih dan batu karangnya.

Etape ini akan dipimpin Gharder Iranagh Mizbani, Johan Coenen, Amir Kolahdozhah, dan Kristian Juell. Mereka akan mengayuh sepeda sepanjang 144,5 kilometer. Para pembalap akan melewati Kota Padang.

Pembalap Iran, Ghader Mizbani Iranagh, mengatakan akan mempertahankan Yellow Jersey. "Kita juga akan tetap bertahan di klasemen beregu," ujarnya. Ghader mengaku bahwa etape keenam ini flat. Hasil yang sudah dicapai akan dipertahankannya.
Pantai Gandoriah

Pembalap dari Tabriz Petrochemical Cycling Team ini berhasil meraih Yellow Jersey pada etape kelima. Juara Tour de Singkarak 2011 ini mencatat waktu 15.27.15 di lima etape ini.

Pada etape ini, ada dua titik sprint yang akan diperebutkan. Di kilometer 31,5 Lubuk Alung dan kilometer 62 (Padang). Para pembalap akan berusaha mendapatkan poin di dua titik ini, untuk meraih Green Jersey.

Pembalap dari Team 7 Eleven Presented by Roadbike Philippines, Jerry Aquini, mengaku akan bertahan dengan strategi Green Jersey. "Selain itu, akan support teman-teman tanjakan untuk bertahan di kompetisi tanjakan," ujar dia.

Pada lima etape sebelumnya, Jerry mengumpulkan 15 poin. Ia dibayang-bayangi pembalap asal Iran, Hossein Nataghi, yang berada di posisi kedua dengan 12 poin.

Sementara itu, untuk tanjakan, ada dua titik. Pembalap akan memperebutkan King Of Mointains (KOM) level 3 di kilometer 77 di Bungus. Lalu, KOM level 3 di kilometer 91,5 di kawasan Siguntur.

Pembalap Iran, Amir Kolohdozhag, yang saat ini memegang Polkadot Jersey, mengaku akan bertahan sesuai dengan strategi timnya. "Kita tetap bermain tim," ujar pembalap 20 tahun ini, yang mengumpulkan 30 poin pada lima etape. Amir dibayang-bayangi Johan Coenan dengan selisih lima poin. Disusul Ghader Iranagh Mizbani dengan 18 poin.

Untuk klasifikasi pembalap nasional, Aiman Cahyadi dari Indonesian Nationa Team masih berada di posisi teratas, dengan total waktu 19.25.03. Aiman disusul rekan setimnya, Roby Manulang, dengan total waktu 19.25.41.

Menurut Aiman, timnya akan akan waspada pada etape ini. "Jangan sampai kecolongan lagi," ujarnya. Pembalap dari Indonesian National Team ini akan membantu sprinter. "Kita akan pertahankan, dan jika bisa, kita keluar sebagai juara," ujarnya.

Adapun rute yang akan dilalui adalah Pariaman, Simpang Jagung, Sungai Laban, Kapolo Koto, Pungguang Kasiak, Lubuk Alung, Buayan, Pasar Usang, Kasai, Duku, dan Kayu Kalek. Lalu masuk Kota Padang dengan melewati Lubuk Buaya, Tabing, Rawang, Gaung, Sungai Bramas, serta di sepanjang bibir Pantai Bungus dan Teluk Kebung.

Kemudian masuk ke Kabupaten Pesisir Selatan, Siguntur, Koto Tuo, Sungai Runang, Baro-Baro Balantai, Talawi, Koto Pulai, Duku Utara, Duku Tarusan, Tarusan, Kapur, Salido, Surdiman Sago, dan Painan. Kabupaten Pesisir Selatan dengan ibu kota Painan juga dikenal dengan wisata pantainya. Salah satunya Pantai Carocok, yang memiliki banyak varian wisata. Menarik untuk menikmati sunset di pantai ini.

Di pantai itu ada juga Pulau Cingkuak dengan pasir putihnya. Di sekitarnya juga ada Bukit Langkisau. Dari ketinggian itu, wisatawan bisa menikmati indahnya pantai. Selain itu, ada Jembatan Akar. Salah satu destinasi unik di kawasan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan panjang sekitar 30 meter. Jembatan ini menghubungkan dua desa.

Sumber : Tempo.co

Categories:

Leave a Reply