Tour de Singkarak 2013



Kabupaten Dharmasraya pertama kalinya dipilih sebagai tuan rumah ajang lomba balap sepeda yang dipadukan dengan wisata, Tour de Singkarak (TdS) 2013. Hal ini ternyata membuat sebagian warga cukup antusias dengan mendatangi lokasi lokasi garis akhir di Kantor Bupati Dharmasraya di Pulau Punjung.

Pada garis akhir banyak warga berjubel memadati papan-papan pembatas lintasan sepeda. Mereka pun bersorak setelah para pesepeda melintas garis finis. Tak sampai di situ, bahkan warga memadati pelataran kantor bupati. Tak jarang beberapa dari mereka berkerubung diantara para pembalap dan mengajak berfoto.

Salah satunya Lina, yang sengaja datang untuk melihat prosesi pemberian hadiah kepada para pemenang. "Iya sengaja datang ke sini. Tahunya dari orang-orang. Katanya ada kereta (sepeda) balap," katanya,
Lina yang datang bersama suaminya dan kedua anaknya dari wilayah Tambulun, mengaku sangat antusias mendatangi kantor bupati sebagai tempat penyerahan hadiah kepada pembalap. Meski mereka datang tidak dari awal acara. "Tadi sempat ketinggalan juga. Pas sampai sini sudah mau habis acaranya," ujar Lina.
Sementara itu, sama halnya dengan Lina, Irfan yang juga datang dari Tambulun mengaku sengaja datang untuk menyaksikan penyerahan hadiah etape keempat pergelaran TdS. "Diajak sama anak saya, dia minta ke sini katanya orang-orang pada ke sini," katanya.

Irfan pun mengatakan dirinya senang dengan adanya kegiatan semacam TdS tersebut karena banyak turis-turis asing pada datang. "Sebelumnya jarang yang datang ke sini. Ada tapi enggak terlalu banyak. Kalau sekarang jadi banyak turis," tambah Irfan.

Sumber: kompas.co.id

Categories:

Leave a Reply